Joran Atau Rod ~ Strike Mania -Tutorial mancing

Joran Atau Rod

Ada berbagai macam piranti sebagai perlengkapan buat mancin,g khusus di dalam Artiket ini saya coba mengupas lebih dalam perlengkapan memancing di Laut.
Karena pada dasarnya untuk memancing di Laut dan di sungai/kolam/empang adalah sama.hanya khusus untuk mancing di laut piranti dari segi spech/spesifikasi piranti sedikit berbeda, itu semua dikarenakan FIGHT antara Ikan di Laut dan di sungai berbeda (kecuali yg di sungai mancingnya buaya atau pesut…ha ha ha ha =Just a Joke)…

Joran


joran lautjoran laut
Joran Untuk Mancing di Laut adalah jenis joran yang memiliki bentuk Patahan/Schock. Biasanya terdari dari 2 bagian dgn panjang bervariasi tergantung keinginan,ada panjang 180cm,210cm,dst.Dengan adanya joran maka peralatan memancing bisa dibuat menjadi lebih terasa sat Ficht dengan Ikan terlebih ikan yg berukuran besar,ringkas saat membawanya. Namun ada juga yg senang menggunakan cara Konvensional yaitu dgn tangan(HandLine).


Joran  pada pemancingan laut
Joran terdapat dalam bentuk joran khusus air tawar maupun air laut. Joran  untuk air laut sedikit lebih mahal karena biasanya terbuat dari bahan yang lebih kuat seperti dari karbon maupun dari titanium. Penggunaan bahan yang kuat dan lentur tersebut dimaksudkan untuk menahan beban pancingan terutama pada saat memancing ikan di laut yang memang besar – besar. Joran untuk pemancingan laut biasanya sudah dilengkapi dengan pegangan dan spool sebagai penahan senar sebagai peralatan memancing, joran  laut sebaiknya juga menggunakan penggulung/reels yang kuat untuk memudahkan pemancing saat menangkap ikan.Ada berapa penggulung/reels yang biasa digunakan untuk memancing di laut seperti : Daiwa,Shimano,Okuma.

Joran  pada pemancingan air tawar
Joran untuk memancing di sungai/air tawarbanyak digunakan yg bentuknya seperti Antenna TV Jadul yg bisa ditarik-tarik keluar dan masuk(panjang/pendek) , hanya terdiri dari beberapa ruas. Panjang joran tawar biasa ditawarkan dengan panjang mulai 2 m – 3,6 m dapat diringkas dan di pendekkan menjadi hanya kira – kira 60 cm saja. Dengan model pendek seperti ini joran memancing dapat di bawa ke mana – mana dengan lebih mudah.

Joran antenna tawar sekarang sudah dapat dibeli dengan harga yang murah dibanding denngan joran khusus di Laut. Dan sekarang joran ini sudah menggantikan keberadaan joran lama yang menggunakan bambu atau stick yang ukurannya panjang. Segi kepraktisan dari sebuah joran antenna menjadi pilihan utama para pemancing Air Twar. Biasanya joran ini tersedia dalam dua bahan yaitu dari fiber glass dan dari karbon.

Selamat nikmati acara mancingnya …and bawa pulang yg banyak yach ....


Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates